Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Rekomendasi Anime Mirip Usagi Drop Terbaik

otakuceria.com - Usagi Drop merupakan salah satu anime slice of life terbaik yang bertemakan tentang mengasuh anak. Anime yang diadaptasi dari manga karya Yumi Unita ini memiliki alur cerita yang sangat dan menginspirasi terutama bagi para orang tua kepada anaknya. Dan pada kesempatan kali ini saya akan berikan rekomendasi anime mirip Usagi drop.

Usagi Drop ceritanya berfokus pada Dakichi Kawachi, seorang pemuda yang sedang menghadiri pemakaman kakeknya. Namun, saat berada disana dia bertemu dengan anak kecil yang sedang bermain di kebun, Ibunya mengatakan kalau anak kecil tersebut adalah anak dari kakeknya dan bernama Kaga Rin.

Namun, Dakichi melihat anak tersebut seperti dikucilkan dan dianggap aib oleh keluarganya karena lahir di luar pernihakan yang jelas. Karena merasa kasihan, Dakichi memutuskan untuk merawat anak tersebut sendirian, walaupun ia sendiri masih belum perpengalaman dalam mengurus anak.

8 Rekomendasi Anime Mirip Usagi Drop Terbaik

Rekomendasi Anime Seperti Usagi Drop

8. Ookami Kodomo no ame to Yuki

Rekomendasi anime seperti Usagi Drop yang pertama

Rekomendasi anime seperti Usagi Drop yang pertama adalah Ookami Kodomo no ame to Yuki, salah satu anime movie romance drama yang fenomenal. Bercerita tentang Hana, seorang mahasiswa yang jatuh cinta dengan seorang pria sekelas nya meskipun ia bukan siswa yang sebenarnya. Ternyata, ia tidak benar-benar manusia. Pada malam bulan purnama, ia mengungkapkan bahwa ia adalah manusia serigala terakhir yang masih hidup. Meskipun demikian, cinta Hana tetap kuat dan mereka akhirnya memutuskan untuk membangun sebuah keluarga.

Hana melahirkan dua anak yang sehat, Ame lahir saat hujan dan Yuki, lahir pada salju yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi serigala, sifat yang diturunkan dari ayah mereka. Semua terlalu cepat, bagaimanapun, kematian mendadak kekasihnya menghancurkan hidup Hana, meninggalkan dia untuk membesarkan keluarga seorang diri.

Stres membesarkan anak-anak di sebuah kota padat penduduk, sambil menjaga identitas mereka tetap rahasia, memutuskan untuk pindah ke pedesaan, di mana ia berharap Ame dan Yuki dapat hidup bebas dari penilaian masyarakat.

Seperti  Usagi Drop, Ookami Kodomo no ame to Yuki berfokus pada orang tua tunggal yang merawat anak-anak.

7. Aishiteruze Baby

Anime mirip Usagi Drop bertemakan mengasuh anak

Berfokus pada seorang playboy terkenal bernama Katakura Kippei. Setiap haris dia selalu menghabiskan waktunya menggoda wanita yang dia temui. Namun kehidupnya berubah ketika dia diberikan tugas untuk merawat sepupunya yang masih berusia 5 tahun secara fulltime.

Kemiripan Aishiteruze Baby dengan Usagi drop terletak pada plot cerita, dimana kedua anime berfokus pada pemuda yang harus mengambil tanggung jawab untuk membesarkan seorang anak kecil.

6. Papa no Iukoto wo Kikinasai

Anime mirip Papa no Iukoto wo Kikinasai

Menceritakan tentang Segawa Yuta, seorang mahasiswa baru di sebuah universitas. Setelah orang tuanya meninggal sewaktu kecil, dia tinggal bersama dengan kakaknya, Yuri. Suatu hari, Yuri dan suaminya hilang setelah mengalami kecelakaan pesawat, dan meninggalkan ketiga orang anaknya.

Kehidupan baru Yuta yang aneh di sebuah apartemen kecil pun dimulai. Dia memilih untuk mengasuh ketiga anak itu untuk tinggal bersamanya. sama seperti Daikichi, sekarang Segawa harus mengasuh anak dari saudaranya.

5. Udon no Kuni no Kiniro Kemari

anime seperti Usagi Drop

Menceritakan tentang seorang desainer web bernama Tawara Souta yang mudik ke rumahnya di Kagawa untuk berlibur. Disana, Souta menemukan seorang anak aneh di Kedai Udon milik keluarganya. Setelah lama berpikir, dia memutuskan untuk merawat tersebut.

Tawara Souta sama seperti Daikichi, dimana mereka memutuskan untuk merawat seorang anak kecil yang terlantar atau ditinggalkan oleh orang tua mereka.

4. Clannad After Story

salah satu anime romance terbaik sepanjang masa

Anime seperti Usagi Drop berikutnya adalah Clannad After Story, salah satu anime romance terbaik sepanjang masa. Kelanjutan dari Clannad Season 1 yang sekarang akan berfokus pada hubungan Tomoya dan Nagisa dalam membangun keluaga dan rintagan yang mereka hadapi.

Walaupun tema anime ini lebih terpusat dibanding Usagi Drop, namun di Season 2 Clannad lebih berfokus pada kehidupan keluarga, terutama hubungan ayah dan anak. Daikichi dan Tomoya mirip dimana mereka harus bisa menyeimbangkan kehidupan kerja dan keluarga.

Selain itu, Clannad lebih dalam ceritanya. So, bagi kamu yang berkeinginan menonton anime Clannad After Story, saya saranin untuk menyiapkan minimal 2 kotak tisu sebab perasaan kamu akan pecah di pertengahan cerita.

3. Ikoku Meiro no Croisee The Animation

rekomendasi anime seperti Usagi Drop

Menceritakan tentang Yune, seorang gadis yang diwajibkan mencari pengalaman sebagai pembantu memutuskan untuk memilih tempat bekerjanya di Paris. Dia juga meminta bantuan pada Oscar Claudel, seorang pelancong dari Paris yang sedang berkunjung ke Jepang.

Yune dibawa ke sebuah plaza yang disebut Galerie du Roy dan toko pandai besi keluarga Oscar untuk tiga generasi, Enseignes du Roy, lalu dipertemukan dengan pemiliknya sekarang yang juga cucu Oscar, Claude.

Saat Yune belajar beradaptasi dengan kehidupan di kota Paris, sebaliknya juga para penghuni Galerie du Roy juga belajar darinya, tidak hanya tentang budaya jepang, melainkan kepribadian polos Yune.

Kesamaan Usagi Drop dengan Ikoku Meiro no Croisee The Animation adalah sama-sama memiliki karakter utama seorang pria yang tiba-toba harus merawa seorang anak perempuan. Hubungan mereka seperti ayah dan anak.

2. Barakamon

Anime slice of life terbaik

Berikutnya adalah Barakamon, salah satu anime terkeren di musim summer 2014. Bercerita tentang seorang kaligrafer muda dan tampan bernama Seishu Handa yang harus diasingkan ke sebuah pulau kecil karena telah memukul pengamat kaligrafi terkenal.

Sebagai seseorang yang belum pernah tinggal di luar kota, Handa harus beradaptasi dengan tetangga barunya yang aneh, setiap hari orang-orang yang bepergian dengan traktor, pengunjung yang tidak diinginkan dan tidak pernah menggunakan pintu depan, anak-anak yang mengganggu dan menggunakan rumahnya sebagai tempat bermain.

Jika kamu menikmati anime yang menampilkan hubungan pria dengan anak-anak, maka kamu mungkin akan menyukai Barakamon. Meskipun alur cerita dan atmosfir sedikit berbeda dengan Usagi Drop, namun keduanya memberikan kenyamanan dan keseruan saat ditonton.

1. Amaama to Inazuma

anime bertemakan anak terbaik

Anime terakhir yang mirip dengan Usagi Drop Amaama to Inazuma, salah satu anime summer 2016 terbaik. Bercerita tentang seorang guru bernama Inuzuka yang harus merawat putri kecilnya Tsumugi sendirian semenjak istrinya meninggal. Kerena tak pandai memasak, dia sering mengkonsumsi makanan instan dari toko.

Suatu malam, untuk menghadiri sebuah acara, Inuzuka bersama dengan putrinya datang ke sebuah restoran yang dikelola oleh ibu dari salah satu muridnya,Kotori. Meskipun ibunya sedang tak ada, namun Kotori dapat memberikan sajian terbaik untuk mereka berdua.

Ternyata selama ini Kotori juga sering sendirian karena orang tuanya telah bercerai dan ibunya sering pergi. Mereka bertiga pun kini mulai sering bertemu dan memasak makanan lezat bersama.

Amaama to Inazuma dengan Usagi Drop sangat mirip dimana sama-sama berpusat pada pria yang harus merawat dan membesarkan gadis muda yang masih imut sambil memanajemen waktu seperti bekerja untuk memastikan mereka bahagia dan sehat.

Itu dia 8 daftar anime yang memiliki kemiripan dengan Usagi Drop yang rata-rata memiliki konsep cerita yang sama yaitu mengasuh anak. Sebenarnya masih ada banyak sih tapi menurut saya yang paling mendekati adalah anime diatas.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Anime yang Mirip Angel Beats Terbaik

Demikian artikel tentang rekomendasi anime yang mirip Usagi Drop terbaik pilihan Kompas Anime. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman terbaik kamu. Terima kasih dan Sampai jumpa 😁.
Fahreza Kei
Fahreza Kei Penggemar Anime yang selalu menghabiskan 50 episode setiap harinya.

1 komentar untuk "8 Rekomendasi Anime Mirip Usagi Drop Terbaik"