Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top 9 Anime Mirip Hyouka [Rekomendasi Terbaik]

Top 9 Anime Mirip Hyouka [Rekomendasi Terbaik]
Hyouka Kompas Anime

Hyouka adalah salah satu buatan studio kyoto animation, anime ini bergenre Mystery, School, Slice of Life. Di MyAnimeList, Anime ini mendapatkan 8.16 dari 194,449 User. Anime ini berjumlah 22 Episode dan cocok bagi anda yang suka teka -teki.

Hyouka sendiri berpusat pada Houtarou Oreki, siswa yang memiliki prinsip dasar "Jika saya tidak perlu melakukannya, saya tidak akan melakukannya. Jika saya harus melakukannya, cepat," untuk menghemat energinya. Tapi setelah kakak perempuannya memaksanya untuk bergabung dengan Klub Klasik, kehidupan Houtarou berubah terbalik setelah bertemu dengan Chitanda, gadis yang selalu bertanya-tanya yang menantang keberadaan anak laki-laki yang santai itu. Penasaran dengan sedikit misteri yang terjadi, Chitanda tidak ragu untuk mengganggu Houtarou yang enggan namun sangat analitis untuk memuaskan rasa ingin tahunya di setiap kesempatan, tidak peduli seberapa kecil masalahnya. Bersama anggota Satoshi dan Ibara, kelompok tersebut menangani kasus-kasus mulai dari pintu kelas penguncian diri, buku perpustakaan yang aneh dan populer, dan bahkan sejarah bayangan klub mana pun yang mereka tempati!

Disini saya akan bagikan potongan anime yang memiliki kemiripan dengan hyouka yang layak untuk anda tonton.

Rekomendasi Anime Mirip Hyouka

9. Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru

9 Anime Mirip Hyouka Terbaik [Rekomendasi Terbaik]
Bercerita tentang Shōtarō Tatewaki dan Sakurako Kujyō. Shōtarō adalah seorang siswa SMA biasa dengan sikap serius yang suka memamerkan pacarnya Sakurako. Sakurako adalah wanita yang sangat cantik di usia pertengahan 20-an dari keluarga kaya yang mencintai "tulang yang indah." Keduanya tinggal di kota Asahikawa di Hokkaido, dan mereka terlibat dalam berbagai insiden mengenai tulang.

Kedua serial ini tidak membahas tentang kasus pembunuhan yang hebat, melainkan tentang misteri pada kehidupan sehari-hari. Mereka mengubah yang biasa menjadi sesuatu yang terlihat istimewa dam nerharga, mengandalkan atmosfir dan pemandangan untuk menarik penonton. "Kasus" kecil, namun kedua seri ini memperlihatkan dampak emosional yang mereka buat pada karakter yang terlibat.

8. "Bungaku Shoujo" Movie

9 Anime Mirip Hyouka Terbaik [Rekomendasi Terbaik]
Murid tahun pertama Konoha Inoue akan meninggalkan sekolah, dia melihat seorang gadis makan halaman dari buku yang sedang dibacanya. Dia memperkenalkan dirinya sebagai tahun kedua Touko Amano, gadis sastra dan memintanya untuk bergabung dengan Klub Sastra agar dia tidak mengungkapkan rahasianya. Setelah hampir dua tahun menjadi satu-satunya dua anggota klub, sebuah pesan aneh datang: secarik kertas dengan gambar aneh. Penyelidikan lebih lanjut membawa mereka tidak hanya ke masa lalu Inoue, tapi juga alasan mengapa dia menyerah menulis novel selama sisa hidupnya.

Kemiripan anime ini dengan hyouka adalah didalamnya ada karakter laki-laki dan seorang gadis yang memiliki kesamaan yaitu memecahkan misteri bersama. Touko memiliki kepribadian yang sangat mirip dengan Chitanda, sebagai gadis yang biasanya berpakaian sopan tapi mengungkapkan memiliki permainan kata-kata aneh dan sangat menyukai misteri. Hubungan dengan karakter utama dan suasananya juga cukup mirip. Hyouka memiliki lebih banyak misteri, sementara Bungaku Shoujo lebih fokus pada drama, hubungan, dan asmara.

7. Kamisama No Memochou

9 Anime Mirip Hyouka Terbaik [Rekomendasi Terbaik]
Narumi Fujishima bukan murid SMA Hebar. Dia tidak pernah benar-benar cocok dan telah menjadi semakin terisolasi dari rekan-rekan sekelasnya. Tapi dia tidak sendiri, dan ketika Ayaka, satu-satunya anggota Klub Berkebun, mengenalkannya pada gadis pendiam yang tinggal di atas toko ramen, Narumi memasuki dunia rahasia baru. Alice adalah seorang NEET, seseorang yang Tidak Bekerja, Berpendidikan atau dalam Pelatihan, namun saat Narumi mengetahuinya, itu tidak berarti bahwa dia tidak melakukan apapun sepanjang hari.

Di sela-sela merawat tentara beruang kecilnya, Alice adalah seorang hacker ahli dan detektif swasta yang sangat eksklusif. Yang mengejutkan, Narumi mendapati dirinya dirancang sebagai salah satu tim asosiasi aneh tapielit yang dimiliki Alice dari kenalan NEET-nya. Bersama-sama mereka akan melawan gerombolan, pencuri, pembunuh, dan penguasa obat bius. Dan di tengah semuanya, Narumi akan mendapati hidupnya berubah!

Kedua serial tersebut berisi tema genre misteri yang bisa menarik perhatian pemirsa yang masuk ke tipe fiksi detektif. Protagonis utama kedua seri memiliki kepribadian yang aneh. karakter lainnya juga memiliki kepribadian yang kontras namun berbagi gagasan umum untuk memecahkan misteri. Selain itu kedua seri ini berisi comedy, drama, dan mystery.

6. Chuunibyou demo Koi ga Shitai! (Love, Chunibyo & Other Delusions!)

9 Anime Mirip Hyouka Terbaik [Rekomendasi Terbaik]
Yuuta Togashi penderita chuunibyou saat berada di sekolah menengah. Ketika dia lulus, dia memutiskan melupakan masa lalunya itu ... atau seharusnya dia melakukannya. SMA berjalan dengan mulus dan penuh kenikmatan-sampai kejadian menyedihkan yang tak terhindarkan itu terjadi. Kejaian yang mengunci Yuuta menjadi kontrak dengan Rikka Takanashi dan mengganggu kehidupannya yang awalnya tenag.

Hyouka dan Chuunibyou demo Koi ga Shitai! berasal dari studio yang sama yaitu Kyoto Animation. Protagonis laki-laki pada kedua seri sangat mirip yaitu mereka ingin memiliki kehidupan sekolah menengah yang normal sampai mereka bertemu dengan protagonis wanita dan mengubah kepribadian protagonis laki-laki.

5. Gosick

9 Anime Mirip Hyouka Terbaik [Rekomendasi Terbaik]
Pada awal abad 20, Kazuya pindah ke sebuah akademi bergengsi sebagai bagian dari program pertukaran antara Jepang dan Saubure, sebuah negara kecil di Eropa. Tapi sementara Kazuya ingin berteman dan memiliki kehidupan sekolah yang khas, anak laki-laki itu dijauhi oleh teman-temannya yang terobsesi dunia ghaib yang percaya bahwa dia adalah "Black Reaper" yang harus ditakuti. Keadaan berubah pada suatu hari ketika Kazuya pergi ke atas perpustakaan dan menemukan kebun botani yang rimbun, dan seorang gadis cantik berambut pirang yang cantik bernama Victorique yang jarang meninggalkan bangunan dan terpesona oleh misteri yang belum terpecahkan. Bersama-sama, keduanya membina persahabatan dan menghadapi banyak kasus mengerikan dan berbahaya yang bahkan tidak bisa dipecahkan oleh detektif lokal Grevil.

Kedua anime memiliki plot utama yaitu memecahkan teka-teki. Hyouka terjadi di lingkungan sekolah, dan Gosick antara Perang Dunia Pertama dan Kedua. Gosick memiliki lebih banyak drama dan asmara, sementara Hyouka menunjukkan lebih banyak aspek komedi dan slice of life. Gosick memiliki plot yang lebih banyak dijabarkan, namun Hyouka memiliki bagian-bagian, jadi lebih mudah dan santai untuk ditonton dan tidak menyebabkan kebosanan.

4. Bakemonogatari

9 Anime Mirip Hyouka Terbaik [Rekomendasi Terbaik]
Koyomi Araragi adalah anak yang menyendiri yang memegang rahasia supernatural aneh yang secara tidak sengaja membawanya ke orang lain dengan cerita serupa. Dewa, roh dan penderitaan bisa menjadi hal-hal yang sial, mengambil kenangan penting atau menyebabkan kecenderungan yang tidak biasa, fakta yang sayangnya diketahui oleh Koyomi dan yang lainnya. Dengan menggunakan bantuan seorang tunawisma yang eksentrik, Koyomi dapat membantu teman baru yang dia temui di sepanjang jalan dengan teka-teki paranormal mereka sendiri ...

Keduanya memiliki jenis misteri yang sama, Hyouka fokus pada misteri yang berputar sekolah sementara Bakemonogatari lebih banyak tentang misteri supranatural. Hyouka dan Bakemonogataei sering menggunakan permainan kata-kata dan memiliki suasana yang hampir mirip. Keduanya mencakup banyak putaran yang tak terduga.

3. Kokoro Connect

9 Anime Mirip Hyouka Terbaik [Rekomendasi Terbaik]
Kelima anggota Cultural Research Club Taichi Yaegashi, Iori Nagase, Himeko Inaba, Yui Kiriyama, dan Yoshifumi Aoki-menghadapi fenomena aneh suatu hari ketika Aoki dan Yui berganti tanpa diketahui. Hal yang sama mulai terjadi pada anggota klub lainnya yang membuat kehidupan mereka berantakan.

Pada awalnya kelima siswa tersebut menemukan kesenangan di tengah kekacauan, tapi koneksi yang tidak beralasan ini juga memperlihatkan bekas luka yang menyakitkan yang tersembunyi di dalam hati mereka. Saat kehidupan tenang mereka hancur, hubungan antara kelima siswa juga mulai berubah ...

Hyouka dan kokoro connect sama-sama bersetting di sekolah, keduanya memiliki unsur misteri dan mereka memiliki gaya yang serupa. Mereka juga berurusan dengan klub kecil dan hanya mempublikasi sesuatu bukan masalah besar bagi sekolah lainnya. Setiap Karakter pada kedua serial ini mengalami beberapa masalah pada satu titik, dan semuanya menyenangkan. Kokoro Connect jauh lebih dramatis, meskipun, sementara Hyouka lebih santai dan menenangkan.

2. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru (My Teen Romantic Comedy SNAFU)

9 Anime Mirip Hyouka Terbaik [Rekomendasi Terbaik]
Komedi romantis ini berkisah tentang seorang siswa SMA antisosial bernama Hikigaya Hachiman dengan pandangan terdistorsi tentang kehidupan dan tidak ada teman ataupun pacar. Ketika dia melihat teman-teman sekelasnya berbicara dengan penuh semangat tentang menjalani kehidupan remaja mereka, dia bergumam: "Mereka adalah sekelompok pendusta." Ketika ditanya tentang impian masa depannya, dia menjawab, "Tidak bekerja." Seorang guru membawa Hachiman untuk bergabung dengan klub "Volunteer Service", yang kebetulan anggotanya adalah gadis tercantik di sekolahnya, Yukinoshita Yukino.

Kemiripan antara Hyouka dan Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru adalah kedua karakter utama memiliki sifat antisosial. Namun, Houtarou percaya bahwa dia harus menghemat energinya sebanyak mungkin sementara Hachiman lebih memilih untuk tidak bersosialisasi karena dia mengalami banyak kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain dan kedua karakter tersebut dipaksa bergabung dengan klub.

Baca Juga: 10+ Rekomendasi Anime Mirip Oregairu (Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru)

1. Suzumiya Haruhi no Yuuutsu (The Melancholy of Haruhi Suzumiya)

9 Anime Mirip Hyouka Terbaik [Rekomendasi Terbaik]
Suzumiya Haruhi yang eksentrik tidak menginginkan apa-apa selain bertemu dengan alien, penjelajah waktu dan esper ... tapi dia harus puas dengan Kyon sehari-hari sebagai gantinya! Seiring dengan Itsuki misterius dan Mikuru yang kosong, duo tersebut membentuk Brigade SOS - sebuah klub yang misinya adalah untuk menemukan misteri dunia. Berbekal pisau cukur tajam dan keterampilan manipulasi, Haruhi akan berhenti untuk bersenang-senang dengan biaya apapun, bahkan dengan mengorbankan harga diri Mikuru!

Hyouka dan Suzumiya Haruhi no Yuuutsu Berasal dari studio yang sama dan gaya seni yang sama. Keduanya memiliki protagonis laki-laki yang relatif pasif.. Keduanya memiliki wanita yang sangat antusias dan disukai. Hyouka cenderung lebih pada misteri kehidupan sehari-hari dan Haruhi lebih ke komedi kehidupan sekolah. Kedua tokoh protagonis laki-laki sama sekali tidak memiliki hubungan besar dengan klub dan protagonis perempuan terus berusaha membuat protagonis laki-laki melakukan sesuatu.

Demikian dulu artikel tentang Rekomendasi 9 Anime Mirip Hyouka Terbaik. Terima Kasih telah membaca dan nantikan update keren lainnya... ^_^
Kiafa
Kiafa Suka dengan tulisan saya? Kamu bisa membagian konten ini ke sosial media. :D