Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Rekomendasi Anime Movie Drama Terbaik

Drama adalah salah satu genre dalam anime yang sangat populer. Anime drama menampilkan berbagai hal yang membuat emosi penonton tergoyah. Dari kisah romance dan kehidupan sekolah, hingga kisah tentang kesulitan dan perjuangan hidup sang karakter yang menyentuh.

Anime drama menampillkan kisah dramatis yang bisa menimpulkan perasaan berat pada penonton. Anime ini sangat menarik dan nyaman untuk ditonton dan biasanya selalu dikaitkan dengan genre anime populer lainnya seperti action dan romance.

Dan pada artikel ini, saya akan memberikan ulasan beberapa anime movie drama terbaik yang sangat direkomendasikan untuk ditonton dari yang lawas sampai yang terbaru di 2017 ini. Ok, mari kita ulas satu-persatu.

Rekomendasi Film Anime Drama Terbaik dan Terpopuler

12 Rekomendasi Anime Movie Drama Terbaik

12. Kaze Tachinu

Rekomendasi Film anime drama terbaik
Rekomendasi Film anime drama terbaik yang Kaze Tachinu, anime garapan studio ghibli ini memiliki tema yang cukup mengharukan, walaupun bukan salah satu karya terbaik Hayao Miyazaki, namun unsur drama romance didalamnya kuat.

Terinspirasi oleh estetika desain dan kebebasan terbang, Jiro Horikoshi menjalani kehidupan yang didedikasikan untuk penciptaan pesawat yang hebat.

Dia bekerja keras sejak ia kecil, dipenuhi dengan impian akan rekayasa, sampai saat ia sudah dewasa menciptakan pesawat terbang yang elegan dan dapat terbang dengan nama Mitsubishi A6M Zero, yang pada akhirnya digunakan untuk sesuatu yang sangat berbeda dari yang ia harapkan: perang.

11. Kokoro ga Sakebitagatterunda.

Film anime drama romance school terbaik
Film anime drama romance school terbaik yang menarik untuk ditonton, Alur cerita Kokoro ga Sakebitagatterunda cukup dramatis namun menghangatan hati.

Jun adalah seorang gadis yang kata-katanya telah ditutup rapat. Dia pernah menjadi gadis yang bahagia, tapi karena "hal tertentu" yang dia katakan saat masih sangat muda, keluarganya menjadi terpecah.

Suatu hari, peri telur muncul di depannya dan menutup kemampuannya untuk berbicara agar menghentikannya menyakiti orang lain. Karena pengalaman traumatis ini, Jun hidup dalam bayang-bayang jauh dari pusat perhatian. Tapi, suatu hari dia dinominasikan untuk menjadi anggota eksekutif "dewan penjangkauan masyarakat". Selain itu, Jun juga ditunjuk untuk memainkan peran utama dalam musik mereka ...

Baca Juga! 10 Rekomendasi Anime Movie Fantasy Terbaik Wajib Ditonton!

10. Toki wo Kakeru Shoujo

Anime drama romance yang seru
Anime drama romance yang seru dengan sedikit campuran unsur Sci-fi didalamnya. Anime garapan studio Madhouse yang tayang tahun 2006 ini saya rekomendasikan untuk ditonton.

Makoto Konno adalah murid SMA yang agak bodoh dan tomboy yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bergaul dengan dua temannya.

Hal berubah suatu hari ketika dia tiba-tiba mendapatkan kemampuan untuk melompati waktu! Awalnya, dia menggunakan kemampuan barunya untuk melakukan berbagai hal seperti mencegah adiknya mencuri makanan penutupnya, melakukan kecurangan saat ujian, dan menyanyikan karaoke selama 10 jam.

Namun, perubahan kecil yang dia lakukan pada garis waktu ternyata memiliki konsekuensi tak terduga dan semakin bertambah menjadi situasi dramatis dan mematikan baginya dan orang-orang di sekitarnya.

9. Kono Sekai no Katasumi ni

Anime movie drama yang satu ini sangat menarik
Anime movie drama yang satu ini sangat menarik, dengan percikan romance dan keindahan yang tercampur aduk. Penyajian ceritanya sangat menawan dan indah.

Pengganti penjualan lawa Heisei Classic "Town of Evening Calm, Country of Cherry Blossoms" adalah sebuah drama keluarga yang diadakan di kota militer Hiroshima Kure selama perang.

Suzu menikah dan pindah dari Kota Hiroshima ke Kure, di mana dia menghadapi ketidakpastian dalam keluarga barunya, kota barunya, dan dunia barunya. Namun, dia berhasil hidup setiap hari dengan sehat dan bahagia.

8. Hotaru no Haka

Hotaru no Haka adalah anime movie drama
Hotaru no Haka adalah anime movie drama yang sangat menyentuh, tentang perjungan karakter untuk pertahan hidup di masa perang dunia II.

Dengan ayah mereka yang bertugas di luar negeri di Angkatan Laut menjelang akhir Perang Dunia ke 2, Seita dan adik perempuannya Setsuko hidup semaksimal mungkin.

Suatu hari saat serangan bom di kota, ibu mereka menderita luka parah dan kedua saudara kandungnya terbelalak saat mereka tinggal dengan kerabat. Setelah menderita perlakuan kejam terhadap bibi mereka, yang memperjelas bahwa kehadiran mereka adalah gangguan, Seita dan Setsuko memutuskan untuk pergi dan tinggal di tempat penampungan bom yang ditinggalkan.

Dengan tidak ada orang lain yang mengandalkan, Seita dan Setsuko berusaha sekuat tenaga untuk hidup dari hari ke hari. Meskipun ketika makanan menjadi semakin langka dan tidak ada yang mau menjual sedikit persediaan yang mereka miliki, kehidupan untuk saudara ini semakin sulit. Lalu saat Setsuko jatuh sakit, Seita mulai menyadari betapa rapuhnya kehidupan.

7. Byousoku 5 Centimeter

Film anime drama romance terbaik karya makoto shinkai
Film anime drama romance terbaik karya Makoto Shinkai yang sangat memukau. Saya merekomendasikan untuk menonton anime ini karena ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil didalamnya.

Meski hari ini Tono Takaki dan Shinohara Akari tinggal jauh karena keluarganya pindah, sesaat setelah sekolah dasar, mereka menjadi dua siswa muda pemalu yang disatukan oleh perbedaan bersama mereka dari teman sebayanya. Karena inilah kedua ikatan persatuan di antara mereka yang masih bertahan melalui korespondensi terus berlanjut, bahkan sejauh jarak itu.

Diam-diam mereka berdua takut kehilangan ikatan ini dari waktu ke waktu, dan untuk alasan ini mereka mengatur sebuah pertemuan antara keduanya. Perjalanan yang mereka berdua ambil dalam pikiran mereka dan dalam hidup mereka menciptakan suasana pergolakan emosional yang kuat, tapi juga rasa damai.

Ini adalah perpaduan antara takdir dan serangkaian keputusan yang menempatkan keduanya pada tempatnya untuk membawa apa yang mereka pilih dari masa lalu mereka ke masa depan yang akan mereka ciptakan untuk diri mereka sendiri.

Baca Juga! 10 Rekomendasi Anime Movie Romance Terbaik

6. Hotarubi no Mori e

Anime movie drama romance lainnya
Anime movie drama romance lainnya yang sangat menarik dan alur cerita yang membuat emosi campur aduk.

Saat mengunjungi pamannya selama musim panas, Hotaru yang berusia enam tahun tersesat di hutan di luar desa. Takut, gadis yang menangis itu akhirnya diselamatkan oleh seorang youkai yang lembut bernama Gin, yang terbebani dengan kutukan yang akan menyebabkannya hilang jika disentuh oleh manusia.

Meski mereka dilarang kontak fisik, keduanya menjadi teman dekat. Tapi setelah beberapa tahun yang singkat itu menjadi jelas bahwa Gin usia lebih lambat dari manusia, jadi sementara Hotaru tumbuh dan berubah, Gin tetap dalam kondisi tetap. Bagaimana Hotaru menyesuaikan dengan emosi rumit yang dia kembangkan saat dia dan usia Gin secara bertahap terpusat?

5. Sen to Chihiro no Kamikakushi

Anime movie drama terbaik garapan Studio ghibli
Anime movie drama terbaik garapan Studio ghibli yang memenangkan piala oscar 2003 yang sangat seru, dengan unsur fantasy supernatural didalamnya dan banyak pelajaran berharga yang bisa kita ambil didalamnya mulai dari yang sepele, seperti mengucapkan terima kasih setelah ditolong.

Chihiro dan keluarganya sedang dalam perjalanan menuju rumah baru mereka, saat mereka menemukan sebuah taman hiburan yang ditinggalkan. Setelah keluarga Chihiro secara misterius berubah menjadi babi, dia dilemparkan ke dunia sihir dan fantasi yang surealis.

Bergabunglah dengan dia saat dia berjuang untuk bertahan di pemandian para dewa, diperintah oleh penyihir jahat yang telah mencuri bukan hanya namanya, tapi jalannya kembali ke dunia nyata.

4. Kotonoha no Niwa

12 Rekomendasi Anime Movie Drama Terbaik
Film Anime drama terbaik garapan Makoto shinkai lainnya yang sangat menghangatkan hati, walaupun durasinya lumayan singkat, namun ceritanya sudah mencakup segala hal, dengan grafis yang memukau dan memanjakan mata. Kotonoha no Niwa tak pantas jika dilewatkan.

Ketika Takao memutuskan untuk membolos sekolah suatu hari untuk membuat sketsa di kebun saat hujan, dia tidak tahu berapa banyak hidupnya akan berubah saat bertemu dengan Yukino. Lebih tua, tapi mungkin tidak lebih bijak, dia sepertinya terapung di dunia.

Terlepas dari perbedaan usia mereka, mereka menemukan sebuah hubungan yang tidak biasa yang selalu terjadi di kebun yang sama pada setiap hari hujan. Tapi musim hujan akan segera berakhir, dan masih banyak hal yang masih belum terungkap dan dibatalkan di antara keduanya.

3. Ookami Kodomo no Ame to Yuki

Anime drama fantasy yang sangat seru
Anime drama fantasy yang sangat seru sekaligus menyentuh yang tak pantas jika dilewatkan. Berpusat  pada Hana, seorang pelajar sebelum dia menjadi seorang ibu.

Dia cerdas dan cantik, dan masa depannya memiliki kemungkinan tak terbatas. Kemudian dia bertemu seorang pria, yang ternyata serigala, dan bersama-sama mereka membangun sebuah keluarga. Hana sangat mencintai pasangannya, tapi takdir membawanya darinya, meninggalkannya sendirian dengan dua anak yang tidak biasa, dia tidak tahu bagaimana cara membesarkannya. Karena takut ditemukan, Hana dan anak-anaknya serigala melarikan diri ke pedesaan untuk membangun kehidupan baru.

Membesarkan anaknya yang liar dan kecil adalah sebuah petualangan. Hal itu membuat Hana memar, tergores, kelelahan, dan dengan gembira terbebani saat anak-anaknya bertambah kuat dan berkeliaran lebih jauh setiap hari. Ini adalah perjalanan ibu. Ajarkan anak-anak untuk mengejar impian mereka - dan tersenyum melalui air mata saat mereka menghilang ke dunia untuk mencari siapa mereka nantinya. Hana tidak selalu menjadi ibu, tapi selalu seperti apa dia.

2. Koe no Katachi

Film Anime drama terbaik
Film Anime drama terbaik garapan studio Kyoto animation yang sangat populer dan memiliki rating yang kuat di situs anime international, ceritanya sangat menyentuh dan emosi menjadi campur aduk. Sangat direkomendasikan untuk ditonton.

Seorang gadis sekolah dasar tunarungu, Shoko Nishimiya, setelah pindah sekolah, ia bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Shoya Ishida di kelas barunya. Shoya, yang tidak tuli, memimpin kelas dalam memjahili Shoko, karena dia tuli. Saat bullying berlanjut, kelas mulai membully balik Shoya karena menjahili Shoko.

Setelah lulus dari sekolah dasar, Shoko dan Shoya tidak saling berbicara ... sampai kemudian, ketika Shoya, yang merasa tersiksa dengan masa lalunya, memutuskan bahwa dia harus menemui Shoko sekali lagi. Shoya ingin menebus kesalahannya terhadap apa yang dia lakukan di sekolah dasar dan menjadi teman Shoko.

1. Kimi no Na wa.

Salah satu anime drama garapan Makoto Shinkai paling sukses
Salah satu anime drama garapan Makoto Shinkai paling sukses yang membuat para penggemar terpukau, konsep ceritanya sangat sederhana dan mudah dipahami, namun banyak hal yang terjadi yang terus bertambah seiring alur cerita. Selain itu, grafis anime sangat keren didampingi sountrack yang sangat enak didengar.

Mitsuha dan Taki adalah dua orang yang tidak saling kenal dan hidup yang sama sekali berbeda. Tapi saat Mitsuha ingin meninggalkan kota di pegunungannya dan untuk kota Tokyo yang ramai, mereka menjadi terhubung dengan cara yang aneh.

Dia bermimpi dia adalah anak laki-laki yang tinggal di Tokyo sementara Taki memimpikan dia adalah seorang gadis dari kota pedesaan yang tidak pernah dia kunjungi. Apa arti hubungan baru mereka? Dan bagaimana hal itu akan membawa mereka bersama?

Baca Juga! 15+ Rekomendasi Anime School Romance Terbaik

Demikian dulu 12 rekomendasi anime movie drama terbaik pilihan Kompas Anime. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah mampir dan sampai jumpa...
Kiafa
Kiafa Suka dengan tulisan saya? Kamu bisa membagian konten ini ke sosial media. :D